Sabtu, 07 Juli 2012

Persahabatan Cyberspace

Hampir semua persahabatan dimulai dalam suatu pola yang bisa diprediksi dengan dua teman yang berinteraksi dalam ruang yang sama, yang melalui kedekatan tempat tinggal, pergi ke sekolah bersama, melakukan aktivitas-aktivitas lain secara berkelompok. Belakangan ini, muncul kategori persahabatan baru,,yaitu persahabatan cyberspace. Ketika semua orang menganggap bahwa persahabatan mengalami penurunan bagi para mahasiswa yang sibuk, pekerja, orang tua, persahabatan internet telah muncul. 
Tetapi, apakah hubungan-hubungan ini, yang dimulai dan sering dipertahankan online tanpa pertemuan tatap muka, benar-benar merupakan persahabatan sebagaimana kita definisikan dan kita ketahui?? Apakah email benar-benar membantu teman-teman tradisional untuk tetap berhubungan??
Persahabatan yang dimulai secara online memiliki internet sebagai tempat bersama bagi pertemuan awal mereka. Boleh jadi dua teman potensial disatukan dalam konteks partisipasi dalam suatu percakapan online atau menjadi bagian dari daftar internet yang sama. 
Ada tiga jenis persahabatan internet :
  1. Persahabatan yang dimulai online dan dipertahankan sebagai persahabatan online
  2. Persahabatan yang dimulai online tetapi dimana dua teman akhirnya bertemu, dan melanjutkan persahabatan melalui kombinasi pertemuan online dan tatap muka
  3. dan teman-teman yang sudah ada sebelumnya yang sekarang menggunakan email sebagai cara murah untuk membantu mempertahankan hubungan mereka, khususnya jika mereka tinggal berjauhan.
Di dalam tiga jenis persahabatan internet ini terdapat kategori teman biasa, teman dekat, atau teman terbaik, yang didasarkan pada keintiman, sebagaimana dijelaskan di muka. Apakah anda bertemu dalam cyberspace atau berdiri antri di kantor pos, tetap diperlukan waktu untuk memperoleh kepercayaan satu sama lain. Dan untuk mengembangkan hubungan dari perkenalan menjadi teman biasa, teman dekat, atau teman terbaik. Karena itu anda harus berhati-hati mengenai informasi yang anda berikan; anda harus mengamati bagaimana informasi itu digunakan dan menjaga agar informasi itu tidak salah digunakan, sebagaimana yang anda lakukan pada hubungan yang dimulai melalui cara-cara tradisional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar